Shock depan yg terlalu tinggi membuat tampilan motor kurang gagah, kurang berotot, soalnya bambu shock yg panjang keliatan kurus, hal ini bisa diatasi dengan memendekkan shock depan.
Shock depan MX bisa dipendekkan dengan cara menaikkan bambu shock nya tapi efeknya kurang bagus, begitu kena jalan berlubang, maka akan muncul efek mentok jadinya kayak motor yg tidak pake shock depan.
karna penasaran, akhirnya dipikir2 pengaruh tsb karna 'per' shock nya yg terlalu panjang, sempat berpikir untuk memotong 'per' shocknya tapi ini beresiko karna panjang kedua 'per' harus betul2 rata. Stelah mencari2 akhirnya didapat bahwa 'per' Jupie Z lebih pendek dr MX punya. Akhirnya, hunting deh ke toko2 motor.
Alhasil didapat, kebanyakan yg jual 'per' shock seharga Rp 8ribu - Rp 12ribu, dan setelah saya coba ternyata hasilnya "mengecewakan !"
Walopun sudah tidak mentok lagi kalo kena lubang, tp stang motor jadi kayak lompat2, tidak stabil ! ini karna 'per' murahan yg tidak bisa membedakan kondisi jalan yg tidak semuanya sama. Hasilnya jadi deg-degan kalo diajak lari...
Lalu, sy hunting lagi ke toko2 motor, tapi hasilnya sama saja... heran, koq gak ada yg jual per yg bagus. Perburuan diteruskan, akhirnya singgah di dealer Yamaha yg jual suku cadang asli, trus beli 'per' shock depan, yg menurut mbak yg jual, untuk Jupie Z new, sudah sy bandingkan dengan MX punya, lebih pendek!, dengan biaya Rp 38rb termasuk ongkos pasang.
Pada 'per' asli Yamaha, bagian per ada yg lebih rapat (A) dan ada yg lebih renggang (B). Bagian A kayaknya buat nahan goncangan jalan yg tidak rata, sedang yg B buat lubang yg lebih besar. Hasilnya riding yg lebih smooth, body depan MX jadi turun sekitar 3 cm, asyik lah. Tapi rasanya bambu shocknya mesti saya naikkan lagi sekitar 2-3 cm, soalnya masih terasa efek lompat2 nya... mungkin karna posisi shock masih terlalu tinggi, sedang 'per'nya sudah lebih pendek.
Kesimpulannya, jangan pernah beli 'per' abal-abal alias palsu, alias murahan, toh harganya cuma beda 10-15-an ribu, hasilnya jauh beda...!!!
Pada 'per' asli Yamaha, bagian per ada yg lebih rapat (A) dan ada yg lebih renggang (B). Bagian A kayaknya buat nahan goncangan jalan yg tidak rata, sedang yg B buat lubang yg lebih besar. Hasilnya riding yg lebih smooth, body depan MX jadi turun sekitar 3 cm, asyik lah. Tapi rasanya bambu shocknya mesti saya naikkan lagi sekitar 2-3 cm, soalnya masih terasa efek lompat2 nya... mungkin karna posisi shock masih terlalu tinggi, sedang 'per'nya sudah lebih pendek.
Kesimpulannya, jangan pernah beli 'per' abal-abal alias palsu, alias murahan, toh harganya cuma beda 10-15-an ribu, hasilnya jauh beda...!!!
Comments
Tapi ane pernah nyoba buat naekin itu batang shocknya katanya msti dibubut dulu segitiganya soalnya pas batang shock mau di naekin ternyata mentok ada yg ngeganjal.tadinya niat ane mau ngbubut itu yg ganjal tapi sayang juga kan...
akhirnya ane skrang udah tau cara mendekin tanpa ngbubut dari info ente. makasih ya bro...
kena jalan jelek juga tetep kurang nyaman, minta triknya ya bro.
apa cukup dengan pernya aja..??
soalnya sya prnah bca jga,, ktanya harus gnti as shock nya jga !!
lebih cepet n ga harus bongkar segitiga.
Hasil juga bebas mau diceperin smpe semana pun bisa,hahahah
ane udah buktiin,